HI-DUD.Inc

11Juni – 11Juli

Posted on: Juli 17, 2010

BERAWAL DARI KECINTAAN TERHADAP MOCHA

Berawal dari sebuah pertandinagn sepak bola worldcup 2010 di negara Afrika Selatan, yang diselengarakan pada malam hari membuat kami kewalahan melawan rasa ngantuk yang teramat berat dan telah dicoda tidak manjur lage pake obat-obat yang dijual di Apotik karena apotik hanya menjual obat agar orang lelap tidur bukan kuat begadang, kebalikan dari kemauan kami. Akhirnya cletukan hafid anak kos sebelah “gimana kalau kita stok Kopi” akhirnya idea spontan itu di iyakan Hendra sahabat sekaligus sepupu saya yang berkata “boleh saja tetapi khusus untuk nonton WP2010” saya selaku anak palig kecil hanya bisa ikut dan menurut. Sungguh diluar dugaan kami menghabiskan 1 Box yang berisi 120 Bungkus dalam 2 Minggu “piala dunia 2010 membuat saya kurang istirahat”.

Saya merasa tidak tergila-gila terhadap kopi, agama saja telah melarang mengkonsumsi sesuatu terlalu berlebih, coba anda minum air putih terlalu berlebihan anda pasti akan sakit, “berhentilah sebelum kenyang” kata-kata itu mempunyai arti yang sangat mendalam ada juga dokter nyaranin papa agar dapat berhenti minum kopi, yah ela.. menurut saya kopi bukan penyebab penyakit walau banyak dilarang minuman itu pasti mengandung nilai gizi yang dibutukan tubuh.

Kata salah seorang teman lebih baik gila kopi dari pada gila alcohol” memang betul tetapi inti untuk tubuh sehat mungkin jawabannya hanya berolah raga dan makan makanan sehat saya jamin penyakit apa yang mampu melawan sistem kekebalan tubuh anda, ya kecuali penyakit KKN yang memang subur dinegara ini memang agak sulit untuk dicegah. Sebagai pengemar kurang fanatik kopi saya ingin membagi cerita-cerita tentang kopi dan sejarahnya saya dapatkan dari artikel berbahasa inggris, wikipedia, coffe story, kienholic dan comot dari sana-sini.

Ini menurut wikipedia;

manusia telah mengonsumsi kafeina sejak Zaman Batu.[24] Manusia zaman dahulu menemukan bahwa penguyahan biji, ranting, dan daun tumbuh-tumbuhan tertentu memiliki efek meringankan rasa lelah, merangsang kesadaran, dan memperbaiki suasana hati. Efek kafeina ini kemudian ditemukan dapat ditingkatkan dengan menyeduhkan bagian tumbuhan tersebut dengan air panas. Banyak kebudayaan yang mempunyai legenda mengenai asal usul tumbuhan tersebut.

Menurut salah satu legenda populer Cina, Kaisar Cina Shénnóng‎, yang dimitoskan telah berkuasa sekitar tahun 3000 SM, tanpa sengaja menemukan bahwa ketika beberapa dedaunan jatuh ke dalam air mendidih, minuman yang wangi dan dapat memulihkan tenaga dihasilkan.[25] Shennong juga disebut-sebut dalam karya Lu Yu, Cha Jing, mengenai teh.[26] Sejarah kopi pun telah tercatat sejak abad ke-9. Pada saat itu, biji kopi hanya tersedia dari habitat aslinya saja, Etiopia. Legenda populer menceritakan penemuan kopi oleh seorang penggembala kambing bernama Kaldi yang memantau bahwa kambing-kambingnya menjadi lebih aktif dan tidak tidur pada malam hari setelah merumputi semak-semak kopi. Setelah ia mencoba buah kopi yang dimakan oleh kambingnya, ia juga mendapatkan khasiat yang sama. Literatur paling awal yang menyebutkan adanya kopi kemungkinan adalah sebuah referensi mengenai Bunchum dalam karya seorang Persia al-Razi. Pada tahun 1587, Malaye Jaziri menyusun suatu karya yang menilik sejarah dan kontroversi hukum kopi berjudul “Undat al safwa fi hill al-qahwa”. Dalam karyanya ini, Jaziri mencatat bahwa seorang Sheikh, Jamal-al-Din al-Dhabhani, mufti Aden, adalah yang pertama menggunakan kopi pada tahun 1454, dan pada abad ke-15, para Sufi Yaman secara rutin menggunakan kopi untuk terus terbangun selama berdoa.

Cerita dari orang Eropa

Mungkin ini hanya sekedar cerita yang tidak bisa dibuktikan, berawal dengan sejarah kopi. Konon, Raja Gustaff II (1594-1632) dari swedia pernah menjatuhkan hukuman kepada dua orang bersaudara kembar. Mereka dianggap besalah dalam suatu tindak pidana yang dituduhkan kepada mereka. Untuk menentukan siapa sang bersalah, sang raja membuat aturan unik yang tidak lazim.

Salah seorang hanya diizinkan minum kopi selama hidupnya, sedangkan seorang lagi hanya boleh minum teh. Nah, siapa yang lebih dulu meninggal, dialah yang dianggap bersalah. ernyata, yang meninggal duluan adalah peminum teh pada usia 83 tahun, meski sudah terlambat, dia ditetapkan sebagai yang bersalah. Sejak saat itulah, orang Swedia dan negara-negara di kawasan Skandinavia menjadi begitu maniak dan fanatik terhadap kopi. Mungkin mereka percaya dengan minum kopi, umur mereka bisa lebih panjang.

Kalau ini cerita dari Sites Kapal Api

Cerita legendaris kopi diawali dari dataran tinggi Ethiopia sekitar tahun 800. Seorang gembala kambing bernama Kaldi, mengamati kambing gembalaannya yang gemar memakan sejenis buah beri yang membuat kambing-kambing tersebut jadi lebih bersemangat untuk beberapa saat. Ia pun mengamati bahwa setelah memakan buah beri tersebut, kambing-kambingnya tidak mau beristirahat maupun tidur pada malam harinya. Kaldi kemudian mencoba memakan sendiri buah beri tersebut – dan ia pun ternyata mengalami hal sama.

Cerita pengalaman Kaldi tersiar hingga ke biara setempat. Para biarawan lantas melakukan percobaan membuat minuman dari buah beri itu. “Ramuan” yang dihasilkan ternyata mampu membuat mereka tetap berjaga sehingga tetap dapat menulis maupun berdoa hingga larut malam. Demikianlah awal kopi mulai menyebar ke seluruh dunia.

Penutup

Bercerita tentang Kopi mungkin memang tidak akan ada habisnya, tiap negara secara luas ataupun daerah-daerah lain pasti punya cerita masing-masing tentang minuman yang brwarna gelap ini, itulah sebuah kopi minuman yang tidak akan ada matinya. (never die)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hai-Dud Koto RSU

"Dengan hayalan, imajinasi dan mimpi-mimpi menjadikan saya lebih termotivasi berbuat yang terbaik dari waktu-kewaktu" (11/2-10; dud,JKT)

ngemeng-ngemeng

Presdir

__

Develop

Daftar Tamu Dut’s

free counters

Arsip

%d blogger menyukai ini: